Rabu, 26 Juni 2013

PROJECT COMMUNICATION MANAGEMENT



Manajemen Komunikasi Proyek termasuk proses yang diperlukan untuk memastikan bahwa informasi dalam proyek dibuat dengan tepat dan cepat, baik dalam segi pengumpulan, diseminasi, penyimpanan, dan disposisi. Hal ini menciptakan hubungan yang penting antara orang-orang, ide, dan informasi yang diperlukan supaya proyek berakhir dengan kesuksesan.



  1. Identifikasi Stakeholder
Proses mengidentifikasi semua orang atau organisasi dipengaruhi oleh proyek, dan mendokumentasikan informasi yang relevan mengenai kepentingan mereka, keterlibatan, dan dampaknya pada keberhasilan proyek.
Stakeholder proyek adalah orang dan organisasi seperti pelanggan, sponsor, organisasi pelaksana, dan masyarakat yang secara aktif terlibat dalam proyek, atau kepentingan yang mungkin positif atau negatif dipengaruhi oleh pelaksanaan atau penyelesaian proyek.
  1. Rencana Komunikasi
Rencana Komunikasi adalah proses penentuan kebutuhan pemangku kepentingan informasi proyek dan mendefinisikan pendekatan komunikasi.
Rencana Proses Komunikasi merespon informasi dan kebutuhan komunikasi para pemangku kepentingan, misalnya, yang membutuhkan informasi, kapan mereka akan membutuhkannya, bagaimana hal itu akan diberikan kepada mereka, dan oleh siapa yang akan memberikan.
  1. Penyebaran Informasi
Mendistribusikan informasi adalah proses pembuatan informasi yang relevan yang tersedia bagi stakeholder proyek seperti yang direncanakan.
Distribusi informasi yang efektif mencakup sejumlah teknik termasuk :
       Model Sender-receiver. Feedback loop dan hambatan komunikasi.
       Pilihan media. Situasi spesifik ketika berkomunikasi secara tertulis dibandingkan secara lisan, ketika menulis sebuah memo resmi versus laporan resmi, dan ketika berkomunikasi tatap muka dibandingkan melalui e-mail.
       Menulis gaya. Aktif versus pasif, struktur kalimat, dan pilihan kata.
       Pertemuan teknik manajemen. Mempersiapkan agenda dan berurusan dengan konflik.
       Teknik Presentasi. Bahasa tubuh dan desain alat bantu visual.
       Teknik fasilitasi. Membangun konsensus dan mengatasi hambatan.
  1. Mengelola Stakeholder Harapan
Mengelola Harapan Stakeholder adalah proses berkomunikasi dan bekerja sama dengan para pemangku kepentingan untuk memenuhi kebutuhan mereka dan mengatasi masalah yang terjadi.
Mengelola Harapan Stakeholder melibatkan kegiatan komunikasi yang diarahkan kepada stakeholder proyek untuk mempengaruhi ekspektasi mereka, kekhawatiran, dan menyelesaikan masalah
  1. Laporan Kinerja
Laporan Kinerja adalah proses mengumpulkan dan mendistribusikan informasi kinerja, termasuk laporan status, pengukuran kemajuan, dan prakiraan. Proses pelaporan kinerja melibatkan pengumpulan periodik dan analisis awal terhadap data aktual untuk memahami dan berkomunikasi kemajuan proyek dan kinerja serta untuk meramalkan hasil proyek
Laporan yang mungkin termasuk :
       Analisis kinerja masa lalu,
       Status risiko dan isu-isu,
       Pekerjaan diselesaikan selama periode tersebut,
       Pekerjaan yang harus diselesaikan berikutnya,
       Ringkasan perubahan yang disetujui pada periode tertentu, dan
       Informasi yang relevan lainnya yang harus ditinjau dan dibahas.
Sebuah laporan lengkap juga harus mencakup diperkirakan penyelesaian proyek (termasuk waktu dan biaya).




 Sumber : Blogs.itb.ac.id/aiceware

Tidak ada komentar:

Posting Komentar